MAN 3 MAGETAN

Galang Kesadaran Lawan Perundungan

“Siswa Kelas X MAN 3 Magetan Galang Kesadaran Lawan Perundungan Melalui Nonton Film Bersama”

Magetan, 15 September 2023 – Siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Magetan baru-baru ini menggelar kegiatan nonton film bersama sebagai bagian dari upaya mereka dalam mencegah perundungan di dalam sekolah. Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian implementasi Program P5 (proyek penguatan profil pelajar pancasila) yang diadakan di MAN 3 Magetan.

Kegiatan nonton film yang digelar pada pukul 08.00-10.00 WIB hari Jumat (15/9) ini dihadiri oleh lebih dari 230 siswa kelas X, beberapa guru terkait. Mereka berkumpul di masjid madrasah dengan semangat yang tinggi untuk menyaksikan film yang telah dipilih dengan cermat oleh panitia. Film yang diputar memiliki pesan moral yang kuat tentang pentingnya menghormati satu sama lain, menemukan jadi diri, dan menjaga lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Salah satu siswa kelas X, mengatakan, “Kami sadar bahwa perundungan adalah masalah serius yang perlu diatasi bersama. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengedukasi diri sendiri dan teman-teman kami tentang dampak buruk dari perundungan dan bagaimana mencegahnya.”

 

Kepala MAN 3 Magetan, Basuki Prihatin, mengungkapkan dukungannya terhadap upaya siswa untuk mencegah perundungan di sekolah. Ia menyatakan, “Kegiatan seperti ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melibatkan nilai-nilai sosial dan moral. Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif di MAN 3 Magetan.”

Selain nonton film, acara tersebut juga mencakup diskusi dan sesi tanya jawab setelah pemutaran film. Guru-guru dan siswa memiliki kesempatan untuk berbagi pandangan mereka tentang perundungan dan bagaimana mencegahnya di sekolah. Ini merupakan langkah serius dalam upaya jangka panjang untuk membangun kesadaran dan budaya sekolah yang bebas dari perundungan.

Kegiatan nonton film bersama ini adalah bukti nyata bahwa siswa di MAN 3 Magetan bersatu untuk menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik. Semoga upaya mereka dalam mencegah perundungan akan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia untuk melakukan tindakan serupa.

Dalam mengimplementasikan Program P5, MAN 3 Magetan menunjukkan bahwa pendidikan bukan hanya tentang pelajaran di buku, tetapi juga tentang membentuk karakter, empati, dan kesadaran sosial siswa. @afin

Tinggalkan komentar